Pages

Sabtu, 07 September 2013

Bahan Kimia

Kalium hidrogen Karbonat
                Kalium hidrogen karbonat atau disebut juga potasium hidrogen karbonat memiliki rumus kimia KHCO3 , massa molarnya sebesar 100,12 g/mol dan kalium hidrogen karbonat memiliki ikatan seperti ini hehehe
   
          Kalium hidrogen karbonat punya sifat-sifat fisika sama kimia juga loh........ sifat fisikanya dia ini bentuknya padat, warnanya putih, pHnya sebesar 8,0 – 8,6 pada 50 g/l 20 0C , suhu penguraiannya kira-kira 200 0C, kelarutan di dalam air nya 333g/l (200), kerapatannya sebesar 2,17 g/cm3, dan tidak memiliki bau kalau sifat kimia dari senyawa ini adalah  produk ini tidak mudah menyala atau tidak mudah terbakar. Secara stabilitas kimia kalium hidrogen karbonat ini stabil dibawah kondisi ruangan standar (suhu kamar) dan akan terjadi reaksi yang hebat jika tercampur dengan asam kuat. Dipasaran harga per 25 kgnya Rp. 9.829.020,- .

Kalium dihidrogen Fosfat
                Kalium dihidrogen Fosfat memiliki rumus kimia KH2PO4 , massa molarnya sebesar 136,08 g/mol, kelarutan di dalam air nya 222 g/l (200), kerapatannya sebesar 2,34 g/cm3    , titik leburnya 253 0Cdan memiliki pH sebesar 4,4 (50g/l, H2O, 20 0C). Kalium dihidrogen fosfat Nih kalau ada yg belum tau bentuk kalium dihidrogen itu seperti apa kita kasih gambarnya hehehe.....
Kalau gambar ikatan seperti ini nih......
kalau gambar atau bentuk  ikatannya seperti ini nih


                Kalium dihidrogen fosfat  stabil jika dibawah kondisi ruangan standar (suhu kamar), produk ini jika tercampur dengan oksidatro kuat, basa atau asam-asam akan terjadi reaksi yang sangat hebat dan akan terurai dengan pemanasan kuat.

                Informasi toksikologi dari produk ini ialah jika tertelan sebanyak 4,640 mg/kg (RTECS) akan menyebabkan mual, muntan, nyeri lambung dan diare, jika terkena mata sebaiknya langsung dicuci agar tidak terjadi iritasi namun bahan ini tidak diklasifikasikan sebagai toksikan dengan oergan target khusus atau paparan tunggal. Harga kalium dihidrogen fosfat per 25 kg ialah sebesar Rp. 24.100.000,- .
               
Kalium Nitrit
                Kalium Nitrit memiliki rumus kimia KNO2. KNO2 berbentuk padat, berwarna kuning padat, tidak memiliki bau,kerapatannya 1.92 g/cm3 (20 °C) kelarutan di dalam air nya 2.810 g/l (200), , titik lelehnya 440 °C, titik leburnya  407 0C dan memiliki pH sebesar  7 -10 (50g/l, H2O, 20 0C).

                Kalium Nitrit stabil secara kimiawi jika dibawah kondisi ruangan standar (suhu kamar). Kalium Nitrit bersifat oksidator, beracun dan berbahaya untuk lingkungan. Dia juga dapat menimbulkan kebakaran jika kena bahan yang mudah terbakar, beracun jika tertelan dan sangat berbahaya untuk organisme air. Jika terjadi kecelakaan atau jika merasa tidak enak badan setelah terpapar bahan ini segeralah ke dokter .

                Tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) jika teradi kontak dengan Kalium Nitrit :

  • ·         Setelah terhirup maka segeralah hirup udara segar
  • ·         Setelah terkena kulit maka cuci dengan air yang banyak lalu lepaskan pakaian yang terkontaminasi
  • ·         Setelah terkena mata maka bilaslah dengan air yang banyak lalu segeralah pergi ke dokter jangan ke dukun :p
  • ·         Jika tertelan, berilah air minum (paling banyak dua gelas jangan sampai terlalu banyak takut kembung). Segera cari anjuran pengobatan. Hanya didalam kasus khusus, jika pertolongan tidak tersedia dalam satu jam, rangsang untuk muntah . jika korban tidak sadarkan diri maka bawalah ke dokter secepatnya lalu berikan arang aktif (20 – 40 g dalam 10% slurry).
Harga Kalium Nitrit per 1 kgnya adalag Rp. 3.724.000,- .


Kalium Tiosianat
                Kalium Tiosianat memiliki rumus kimia KSCN. KSCN berbentuk padat, tidak berwarna, tidak memiliki bau, massa molarnya 98,18 g/mol, kerapatannya 1.92 g/cm3 (20 °C) kelarutan di dalam air nya 208 g/l (200), titik lelehnya 175 °C, titik leburnya  175 0C, suhu penguraiannya 500 0C  dan memiliki pH sebesar  5,3 – 8,5 (50g/l, H2O, 20 0C). 
Bentuk ikatan KSCN seperti ini........

                Kalium Tiosianat stabil secara kimiawi jika dibawah kondisi ruangan standar (suhu kamar). Senyawa ini berbahaya apabila tertelan, terkena kulit atau terhirup, membahayakan makhluk dalam air dengan dampak jangka panjang dan mengeluarkan gas sangat beracun jika terkena asam. Harga Kalium Tiosianat per 50 kg itu sebesar Rp. 33.873.000,- .
                Tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) jika teradi kontak dengan Kalium Tiosianat :
  • ·         Setelah terhirup maka segeralah hirup udara segar
  • ·         Setelah terkena kulit maka cuci dengan air yang banyak lalu lepaskan pakaian yang terkontaminasi
  • ·         Setelah terkena mata maka bilaslah dengan air yang banyak lalu segeralah pergi ke dokter jangan ke dukun :p
  • ·         Jika tertelan, berilah air minum (paling banyak dua gelas jangan sampai terlalu banyak takut kembung). Segera bawalah ke dokter secepatnya.

Kalsium Klorida

Cairan kalsium klorida (CaCl2) adalah senyawa ionik yang terdiri dari unsure kalsium (logam alkali tanah) dan klorin. Ia tidak berbau, tidak berwarna, solusi tidak beracun, yang digunakan secara ekstensif di berbagai industri dan aplikasi di seluruh dunia. Berlaku sebagai ion khalida yang khas dan padat pada suhu kamar.

Sebuah senyawa yang terjadi secara alami, Kalsium Klorida cair dapat ditemukan paling sering dalam air laut dan mata air mineral. Sebuah deposit alam besar air garam bawah tanah di Alberta utara telah memberikan Ward Chemical dengan kualitas konsentrasi tinggi statis kalsium klorida sejak tahun 1985, memungkinkan kita untuk menjadi salah satu produsen terbesar cairan kalsium klorida premium di Amerika Utara.

Kemampuan klorida kalsium untuk menyerap banyak cairan merupakan salah satu kualitas yang membuatnya begitu serbaguna. Misalnya, produk ini bekerja jauh lebih efisien daripada garam batu ketika datang ke kliring salju dan es dari trotoar, jalan, dan jalan raya. Hal ini terutama berlaku pada suhu yang lebih rendah. Ada beberapa kekurangan dengan aplikasi ini, karena ada beberapa bukti bahwa produk mungkin lebih berbahaya bagi hidup tanaman dari garam batu.

Banyak kolam menggunakan produk yang mengandung kalsium klorida, terutama di daerah di mana ada kalsium relatif sedikit ditemukan di dalam air. Penggunaan produk ini membantu meningkatkan kadar kalsium air, yang pada gilirannya meminimalkan potensi korosi pada pompa. Produk juga membatasi korosi dengan berbagai jenis peralatan kolam renang, serta kelengkapan kolam apapun yang dibuat dengan logam.

Kalsium klorida juga digunakan dalam sejumlah aplikasi lain. Misalnya, percikan produk pada jalan-jalan di iklim kering, khususnya padang pasir, dapat membantu untuk meminimalkan jumlah debu yang ditendang ke atas karena lalu lintas. Produk ini dapat digunakan untuk mengeringkan rumput laut , sehingga membantu dalam produksi soda ash . Hal ini dapat digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk plastik, serta membantu pelembut kain tipis cair.

Aplikasi umum meliputi air garam untuk pendingin tanaman, control es dan debu di jalan. Karena sifat higroskopisnya, kalsium klorida anhidrat harus disimpan dalam container kedap udara yang tertutup rapat.

Sifat-sifat

Kalsium klorida dapat berfungsi sebagai sumber ion kalsium dalam larutan, tidak seperti sebagai sumber ion kalsium dalam larutan, tidak seperti kebanyakan senyawa kalsium lainnya, kalsium klorida larut. Sifat ini berguna untuk menggantikan ion dari larutan. Sebagai contoh fosfat dipindahkan dari larutan oleh kalsium :

3 CaCl2 (aq) + 2 K3PO4 (aq) → Ca3(PO4)2 (s) + 6 KCl (aq)

Kalsium klorida cair dapat dielektrolisis untuk memberikan logam kalsium dan gas klor :

CaCl2 (l) → Ca (s) + Cl2 (g)

Kalsium klorida memiliki perubahan entalpi yang sangat tinggi dari solusi.

Garam anhidrat adalah deliquescent, yang dapat mengakumulasi air yang cukup di kisi Kristal untuk membentuk solusi.


Kalium Nitrat

Kalium Nitrat adalah suatu senyawa garam nitrat dari kalium dengan rumus molekul KNO3. Garam kalium nitrat dapat dibuat dengan cara mereaksikan kalium klorida, KCl yang ditemukan dalam mineral silvi, dengan natrium nitrat NaNO3. Jikalau larutan jenuh masing-masing reaksi tersebut saling dicampurkan, maka akan terbentuk garam natrium klorida, NaCl dan KNO3 karena larutan NaCl di dalam pelarut air sangat kecil, maka garam tersebut akan mengalami pengendapan, dan melalui penyaringan larutan KNO3 dapat dipisahkan dari NaCl. Dengan mendinginkan filtrat tersebut secara perlahan, maka KNO3(aq) akan mengalami proses kristalisasi, dan untuk memenuhi KNO3 yang dihasilkan perlu kristalisasi

Banyak sekali reaksi yang digunakan dalam analisis anorganik analisis kualitatif melibatkan pembentukkan endapan. Endapan adalah zat yang memisahkan diri sebagai suatu fase padat keluar dari larutan. Endapan mengkin berupa kristal (kristalin) atau koloid, dan dapat dikeluarkan dari larutan dengan penyaringan atau pemusingan (centrifuge). Endapan terbentuk jika larutan menjadi terlalu jenuh dengan zat yang bersangkutan. Kelarutan bergantung pada berbagai kondisi, seperti suhu, tekanan, konsentrasi bahan-bahan lain dalam larutan itu, dan pada komposisi pelarutnya
Semua nitrat larut dalam air. Nitrat dari merkurium dan bismut menghasilkan garam basa setelah diolah dengan air garam-garam ini larut dalam asam nitrit encer. Reaksi ini dapat dipelajari dengan larutan kalium nitrat, KNO3 (Vogel, 1979).

Salah satu penerapan yang paling berguna dari kalium nitrat ialah dalam produksi asam sendawa, dengan menambahkan asam sulfat yang terkonsentrasi pada larutan encer  kalium nitrat, menghasilkan asam sendawa dan kalium sulfat yang terpisah melalui distilasi fraksional.Kalium nitrat juga digunakan sebagai pupuk, sebagai model bahan pembakar rocket, dan dalam beberapa petasan seperti bom asap, pada yang mana campuran dengan gula memproduksi jelaga asap 600 kali dari volumnya sendiri. Dalam proses pengawetan makanan, kalium nitrat merupakan komposisi umum dari daging yang diasinkan. Kalium Nitrat juga komponen utama dalam penghilang puntung. Juga telah digunakan dalam pembuatan es krim. Kesalahan konsepsi terkenal ialah bahwa kalium nitrat itu antafrodisiak dan ditambahkan dalam makanan dalam adat yang biasa dikerjakan lelaki. Nyatanya kalium nitrat tak memiliki efek seperti itu pada manusia. Kini, penggunaan kalium nitrat dalam pasta gigi untuk gigi sensitif telah bertambah secara dramatis, walau nyatanya telah tak ditampakkan untuk membantu dengan sebenarnya hipersensitivitas gigi.

Merupakan senyawa organik yang berbentuk kristal putih atau tak berwarna, rasanya asin dan sejuk. Sendawa mudah larut dalamair dan meleleh pada suhu 377 °C. Ada tiga bentuk sendawa, yaitu kalium nitrat, kalsium nitrat dan natrium nitrat. Sendawa dapat dibuat dengan mereaksikan kalium khlorida dengan asam nitrat atau natrium nitrat. Dalamindustri biasa digunakan untuk membuat korek api, bahan peledak, pupuk, dan juga untuk pengawet pangan. Penggunaannya maksimum sebanyak 0,1 % atau 1 gram/kg bahan. (http://www.panganplus.com/artikel.)

Merupakan senyawa organik yang berbentuk kristal putih atau tak berwarna, rasanya asin dan sejuk. Sendawa mudah larut dalam air dan meleleh pada suhu 377oC. Ada tiga bentuk sendawa, yaitu kalium nitrat, kalsium nitrat dan natrium nitrat. Sendawa dapat dibuat dengan mereaksikan kalium khlorida dengan asam nitrat atau natrium nitrat. Dalam industri biasa digunakan untuk membuat korek api, bahan peledak, pupuk, dan juga untuk pengawet abahn pangan. Penggunaannya maksimum sebanyak 0,1 % atau 1 gram/kg bahan.

Natrium dan kalium melimpah di litosfer (2,6 dan 2,4 % masing-masing). Terdapat sejumlah besar kandungan garam batuan, NaCl dan karnalit, yang dihasilkan dari penguapan air laut dalam jangka waktu geologis. Garam kalium umumnya sulfat, dipakai sebagai pupuk



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About